Utuh Diyang Tanjung

Duta Wisata Tabalong

“Enggang Raksasa Dinas Pendidikan Raih Juara”

Desember 7, 2017 Uncategorized 0

Mendengar kata Enggang, pastinya terbersit dalam hati tentang burung indan nan mempesona dari Kalimantan yang memiliki paruh dan warna yang sangat indah. Ditambah lagi dengan bulu yang begitu khas membuat kemenarikan tersendiri dari burung yang satu ini.
Tapi berbeda dengan burung raksasa yang satu ini. Ini adalah ilustrasi burung Enggang yang terbuat dari bahan styrofoam yang berukuran sangat besar hampir menyamai panjang satu buah mobil.
“waw…ganal banar burungnya”. (admin minta pembaca mohon fokus. Hehehe) ungkap salah satu penonton pawai pembangunan lomba mobil hias yang ditemui admin yang berdiri di pinggir jalan din jl. A. Yani, pembataan.

Admin juga merasakan demikian ketika melihat sebuah mobil pick-up hitam yang dihiasi dengan ornamen dayak yang diatasnya dihiasi dengan ornamen kepala burung Enggang.
Mobil-mobil hias ini merupakan peserta yang berasal dari instansi, remaja mesjid, sanggar seni dan masyarakat umum yang berpartisipasi dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten tabalong yang ke-52 yang diselenggrakan pada tanggal 30 November 2017 oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong.

Kembali ke leptop…
Mobil yang dihiasi dengan ornamen dayak dan kepala burung enggang raksasa tersebut adalah mobil peserta dari Dinas Pendidikan kabupaten Tabalong. Squad Utuh Diyang Tanjung masuk kedalam rombongan Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dalam memeriahkan lomba tersebut .
Squad Pawadaha Utuh Diyang Tanjung mengenakan pakaian yang selaras dengan tema yang di usung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong. Terlihat beberapa anggota mennggunakan pakaian dengan tema Dayak dengan baju berbahan kulit kayu memakai aksesories mandau dan tameng. Dan beberapa anggota lagi mengenakan pakaian Nanang Galuh Banjar. Semua nampak bersemangat untuk menajdi yang terbaik.
“tema kali ini kami ambil dari kearifan lokal Kabupaten Kita yaitu Pesona Dayak, dengan tujuan agar masyarkat lebih mengenal dan memiliki wawasan tentang kekayaaan budaya yang dimiliki oleh suku dayak” imbuh Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupetan Tabalong, Masdulhak Abdie.
Dengan tema tersebut akhirnya Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong meraih Juara ke-2 dalam pawai pembangunan lomba Mobil Hias tersebut.
Beberapa lomba yang begitu menarik juga dilaksananakan seperti Pelangi Warna fashion Show, Pawai Kuda Gipang, Akustik, Menyanyi Lagu banjar dan Pop, Vokal Group. Semua lomba tersebut selain meningkatkan kemampuan masyarakat dalam berkompetisi dalam meningkatkan minat dan bakat akan tetapi juga kami yakini agar meningkatan kesadaran masyarakat tentang pelestarian seni dan budaya dan juga mengembangkan potensi pariwisata di kabupaten Tabalong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *